Kampus Megambil Sikap Tegas Terhadap Pelecehan Seksual di Universitas Andalas

Kampus Megambil Sikap Tegas Terhadap Pelecehan Seksual di Universitas Andalas

Melansir berasal dari, Budi Sastera selaku Kepala Seksi Pidana Umum, Kejari Padang, menyatakan masalah pelecehan seksual di Unand sudah dilimpahkan ke PN Padang pada Rabu, 14 Juni 2023 dan sidang pertama ditunaikan pada Rabu, 21 Juni 2023 lalu.

Ia menambahkan, Kejari Padang bekerja cepat usai mendapatkan pelimpahan kasus, barang bukti, dan tersangka berasal dari penyidik Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) pada Rabu, 7 Juni 2023. Sehingga di dalam satu minggu Kejari Padang dapat melimpahkan masalah ke PN Padang.

Sebelumnya, pada masalah tersebut sepasang kekasih yang merupakan mahasiswa FK Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, H (22) dan N (21) dikira melakukan pelecehan seksual pada sejumlah mahasiswa lainnya di universitas tersebut.

Aksi mereka terungkap sehabis akun twitter @andalasfess mengunggah status yang menyebut ke-2 pelaku tetap berkeliaran di universitas kendati sudah dilaporkan ke pihak universitas, Satgas, dan Polda Sumbar.

Dihubungi oleh tim reporter , Ismi Nurhaeni, selaku tim Satgas PPKS Universitas Sebelas Maret (UNS) ikut prihatin dan pihaknya tidak mentolerir bersama adanya masalah itu. Ia berpendapat, bahwa pada dasarnya pemerintah sudah mengeluarkan regulasi yang tentang bersama pencegahan dan penanganan kekerasan seksual.

“Perguruan Tinggi (PT) terhitung sudah tersedia tentang regulasi tersebut, oleh dikarenakan itu kudu untuk di bentuknya Satgas PPKS di tiap PT,” ujarnya, Rabu (29/6/2023).

Ismi menambahkan, bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mewajibkan seluruh mahasiswa semester dua untuk membaca modul tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual yang sudah dihidangkan kedalam sistem pembelajaran online atau melalui Learning Management System (LMS).

“Ketika terdapat bukti-bukti yang valid tentang pelaku yang melakukan kekerasan seksual tersebut maka Satgas PPKS tiap-tiap universitas kudu mengajukan usulan perlindungan sanksi kepada yang bersangkutan yakni administrasi ringan, sedang, dan berat,” tutupnya. Dikesempatan lain, Tarisa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), mengungkapkan bahwa kekerasan seksual merupakan perihal yang ‘menjijikkan’.

Ia menambahkan bahwa tiap-tiap mahasiswa fasilitas bppp tegal kudu dapat merawat privasi diri sendiri, dikarenakan kejahatan seksual tidak pandang bulu dan dapat terjadi pada perempuan maupun laki-laki. Ia meminta supaya pihak birokrasi universitas maupun pihak tentang dapat lebih sigap di dalam memproduksi masalah kekerasan seksual yang ada.

Daftar Fakultas Pendidikan Di Universitas Negeri Padang

Bagian akademik UNP secara berkala melakukan survei untuk meyakinkan kelas internasional berlangsung bersama dengan baik. Ciri kelas internasional di UNP adalah penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan, perangkat pembelajaran didalam bahasa Inggris atau disajikan didalam dua bahasa, dan juga presentasi tugas, proposal, dan ujian skripsi didalam bahasa Inggris.

UNP tetap melakukan beragam kebijakan untuk tingkatkan penyelenggaraan kelas internasional, juga menambahkan pelatihan kepada staf dosen yang mengajar di kelas internasional melalui UPT Balai Bahasa UNP. Kolaborasi antar dosen dan pengambil ketetapan di level pimpinan UNP juga dibutuhkan untuk menyamakan persepsi dan tingkatkan penyelenggaraan kelas internasional. UNP telah berhasil mengembangkan kelas internasional sejak semester Juli–Desember 2017 didalam 15 program studi terakreditasi A. Saat ini, jumlah program studi yang menyelenggarakan kelas internasional di UNP meningkat menjadi 28.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post